Cara Install Memcached untuk cPanel

Cache menggunakan memori / RAM lebih cepat daripada menggunakan disk / storage. Memcached merupakan salah satu solusi cache menggunakan ram yang terbukti dapat meningkatkan kinerja website menjadi lebih cepat diakses.

Salah satu teknik mempercepat loading website adalah memanfaatkan cache, cache sendiri berfungsi untuk menyimpan data sementara secara statis agar apabila sewaktu-waktu ingin ditampilkan kembali tidak perlu melakukan request kembali ke webserver. Banyak manfaat kita menggunakan cache dalam website kita, selain mempercepat loading website, juga dapat membantu menurunkan kinerja CPU server, proses permintaan dari pengunjung web ke server juga lebih sedikit.

cara install memcached cpanel
cara install memcached cpanel

Ada beberapa jenis tool untuk melakukan cache, seperti varnish, squid, apc, dan juga opcache, beberapa diantaranya menggunakan storage / hardisk sebagai tempat penyimpanan cache. Namun hal tersebut dapat menurunkan kinerja hardisk, serta kecepatan baca – tulis hardisk tidak secepat memory / RAM.

Bahan – bahannya adalah sebagai berikut :

  1. VPS / Dedicated Server yang sudah terinstall WHM / cPanel
  2. Putty atau aplikasi terminal SSH lainnya
  3. Koneksi internet stabil

Berikut cara install memcached di VPS cPanel :

cd /usr/src
wget https://vip.my.id/download/memcached-cpanel.sh
chmod +x /usr/src/memcached-cpanel.sh

Setelah itu eksekusi instalasi, disini standar besaran cache nya saya buat 256 MB, apabila ingin menaikkannya menjadi 512 MB dapat menambahkan perintah “512M” ketika mengeksekusi instalasi. Sebagai contoh, jika menginstal tanpa mengubah nilai cache :

./memcached-cpanel.sh

Dan apabila ingin menaikkan menjadi 512 MB maka gunakan perintah :

./memcached-cpanel.sh 512M

Setelah itu tunggu instalasi hingga selesai.

tampilan instalasi memcached cpanel
tampilan instalasi memcached cpanel

Dalam instalasi diatas juga sudah saya terapkan pencegahan awal agar tidak terkena memcrashed, jadi setelah selesai diinstall tidak perlu disetting-setting lagi (set and forget). Selain itu instalasi ini juga aman dan bekerja 100% dengan engintron, karena script ini memang aslinya dibuat oleh Evangelou dari Engintron dan saya sesuaikan sedikit sesuai kebutuhan saya.

Itulah tadi tutorial singkat cara install memcached untuk cPanel, selanjutnya akan saya buat

 

 

 

Tinggalkan komentar