Cara Membeli Domain dan Hosting

Website sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebuah usaha, dengan majunya sistem informasi, usaha kecil dan menengah tidak boleh ketinggalan dalam pengembangan bisnis melalui platform digital. Ditulisan kali ini saya ingin membahas sedikit tentang pengertian domain, hosting, serta bagaimana cara membeli domain dan hosting dari sebuah provider hosting terpercaya.

Domain dan hosting merupakan kebutuhan utama untuk membuat sebuah website, tanpa domain dan hosting kita tidak bisa menyimpan data website dan juga mengakses website yang kita mau. Nah dalam artikel kali ini saya akan membahas  sedikit cara membeli domain dan hosting dari perusahaan hosting. Mungkin banyak dari kalian yang sudah paham, namun tidak sedikit juga yang belum tau cara membeli domain dan hosting.

Apa itu domain dan hosting?

Nama domain merupakan sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server, contoh masizal.com, masizal merupakan nama domain, sedangkan .com merupakan ekstensi domainnya. Pada dasarnya sebuah server memiliki alamat IP yang berupa angka unik, sebagai contoh 123.12.111.145 adalah alamat IP yang mengarah ke server. Nah untuk memudahkan dalam mengingat alamat ini dibuatlah nama domain tersebut. Beberapa ekstensi nama domain yang cukup populer di Indonesia antara lain : .com .net .xyz .id .web.id .co.id dan .my.id.

Sedangkan hosting adalah tempat untuk meletakkan dan menyimpan file website secara digital kedalam sebuah server. Agar website dapat diakses, diperlukan tempat penyimpanan secara digital, nah tempat menyimpan file – file dan data website tersebuh dinamakan hosting / webhosting. Berikut adalah beberapa perusahaan hosting yang saya rekomendasikan antara lain :

  1. Niagahoster.co.id
  2. Domainesia.com
  3. Dewaweb.com
  4. Dewabiz.com
  5. Jagoanhosting.com
  6. Qwords.com
  7. Rumahweb.com
  8. IDwebhost.com
  9. Lawuhosting.com

Masih banyak lagi perusahaan hosting diluar yang saya sebutkan diatas, mau langganan di hosting mana saja boleh, pilihan ada ditanganmu, kalau tidak cocok ya bisa pindah ke hosting lain.

Cara membeli domain dan hosting

Untuk cara membeli domain dan hosting sendiri sangatlah mudah, kali ini saya akan menunjukkan cara membeli domain dan hosting di perusahaan hosting Lawuhosting.com.

  1. Buka website https://lawuhosting.com, lalu masuk ke menu hosting > hosting unlimited gratis domain, lalu pilih paket single
    1 tampilan website lawuhosting
    tampilan website lawuhosting
    2 beli hosting unlimited
    beli hosting unlimited
  2. Masukkan nama domain yang ingin didaftarkan, pastikan nama domain tersedia / available sehingga dapat didaftarkan. Setelah dipastikan nama domain tersedia, klik continue.
    3 beli domain untuk hosting
    beli domain untuk hosting
    4 beli domain untuk hosting
    beli domain untuk hosting
  3. Setelah itu pilih lama berlangganan, bisa 1 tahun atau 3 tahun sekaligus, lalu klik continue.
    5 belanja hosting untuk website
    belanja hosting untuk website
  4. Pastikan pesanan kamu sudah benar, apabila memiliki kode promo atau kupon diskon bisa ditambahkan di halaman ini, setelah itu klik checkout.
    6 checkout belanja hosting domain
    checkout belanja hosting domain
  5. Setelah checkout, maka kamu akan dialihkan ke halaman pendaftaran member, apabila sudah pernah mendaftar sebelumnya, cukup klik “already registered” lalu masukkan email dan password yang pernah didaftarkan. Pastikan semua kolom diisi dengan data yang benar, jangan sampai ada yang kosong.
    daftar akun billing hosting
    daftar akun billing hosting

    Pilih cara pembayaran, disini kita bisa membayar menggunakan beberapa cara, seperti transfer bank BCA BRI dan Mandiri, PayPal, bahkan lawuhosting juga menerima pembayaran melalui alfamart.

    cara pembayaran hosting
    cara pembayaran hosting

    Jika sudah selesai, pastikan centang “I have read and agree to the Terms of Service” setelah itu klik Complete Order.

    order hosting selesai
    order hosting selesai
  6. Setelah order selesai, maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman tagihan, yang berisi detail pemesanan, harga yang harus dibayar, serta nomor rekening pembayaran.
    tagihan pembayaran hosting
    tagihan pembayaran hosting
  7. Setelah melakukan pembayaran, kamu bisa konfirmasi pembayaran melalui Whatsapp, SMS, atau melalui support ticket. Untuk pembayaran melalui paypal dan alfamart akan aktif secara otomatis, jadi tidak perlu melakukan konfirmasi secara manual.
    tagihan hosting telah dibayar
    tagihan hosting telah dibayar
  8. Setelah lunas, kamu bisa login ke akun hosting barumu, melalui menu Services > My Services, lalu pilih layanan yang telah dibeli tadi, disitu ada tombol “Login to cPanel” atau “Login to DirectAdmin” disesuaikan dengan paket hosting yang sudah dibeli tadi.
Lihat  Cara Install Memcached untuk cPanel

Nah itu tadi cara membeli domain dan hosting di lawuhosting, untuk perusahaan hosting yang lain kurang lebih caranya sama. Semoga bermanfaat.

Mas Izal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *